Dies Natalis Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas ke-VIII

26 Oktober 2015

Masuk_Ruangan_Rapat_TerbukaSabtu, 28 Agustus 2015 Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas (FKG Unand) mengadakan Dies Natalis yang ke tujuh di Aula Unand, Jl. Perintis Kemerdekaan 77, Padang. Acara peringatan pada hari ini bersamaan dengan Wisuda Sarjana Kedokteran Gigi dan penyerahan ijazah Dokter Gigi.

Acara dimulai pada pukul 13.30 Wib yang diawali Ketua Senat dan anggota Senat FKG Unand memasuki ruang acara diiringi Mars Universitas, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menghentingkan cipta. Anggota Senat Fakultas yang terdiri dari Ketua Senat, Dekan, Dosen senior beserta Wadek I,II dan III Fakultas Kedokteran Gigi menempati posisi yang telah disediakan oleh panitia pelaksana acara. Kemudian secara resmi ketua Senat FKG drg. Susi. MKM membuka acara penyelenggaraan Dies Natalis FKG Unand. Hadir dalam acara ini Wakil Rektor III Unand, Dr. Ir. Aprisal, MP, beberapa pejabat struktur di lingkungan FKG, dan para undangan serta mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi.

drg._Surya_NellisOrasi ilmiah yang kali ini disampaikan oleh drg. Surya Nelis,Sp.PM dengan judul “Kadar Matriks Metalloproteinase 8 Cairan Sulkus Gingiva Pada Pemakaian Alat Ortodonti Cekat Yang Bertujuan Terapi Dan Aksesoris”. Disampaikan bahwa perawatan ortodontik berhubungan dengan pengaturan gigi geligi yang tidak teratur dengan cara menggerakan gigi geligi tersebut ke tempat yang ideal.

Orasi Ilmiah yang cukup panjang ini ditutup dengan suatu kesimpulan bahwa, tidak ada perbedaan kadar MMP-8 CSGpada pemakaian ortodonti cekat sebagai terapi dan asesoris. Hal ini menunjukan bahwa pemakaian alat ortodontik yang bertujuan aksesoris memberikan efek yang merugikan berupa terurainya jaringan kolagen tipe I yang dipicu oleh meningkatnya kadar MMP8 sehingga akan terjadi pergerakan gigi yang tidak diinginkan dan tidak terkontrol.

Penyerahan_Alumni_Selanjutnya, dalam pembukaan Dekan FKG mengucapkan Selamat kepada wisudawan dan wisudawati Dokter Gigi pertama. Selain itu, di harapkan kepada alumni untuk membentuk ikatan alumni FKG Unand. Dekan FKG juga menghimbau untuk sama-sama memajukan FKG Unand kedepannya.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan do’a. Setelah itu Ketua Senat menutup acara peringatan dies ke tujuh FKG dan bersama anggota senat Fakultas meninggalkan ruang yang diiringi dengan Mars Universitas.

Alamat Kampus

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77
Jati, Padang, Sumatera Barat
Kode Pos: 25129

Indonesia

 

 

Peta