Peringati WOHD 2024 FKG & RSGM UNAND Gelar Edukasi dan Sikat Gigi Massal Siswa Se Kota Padang

24 April 2024

FKG UNAND – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Dunia atau World Oral Health Day (WOHD) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas berkolaborasi dengan PT. Unilever menggelar edukasi dan sikat gigi massal siswa se kota Padang.

Berlangsung di Komplek Sekolah Adabiyah pada Selasa (23/4) diikuti siswa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta SMA Adabiyah berupa edukasi gigi dan mulut yang dilanjutkan dengan sikat gigi secara serentak bersama siswa SD dan SMP Negeri se Kota Padang sebanyak 125 ribu siswa secara hybrid.

Mengusung tema senyum sehat Indonesia, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang Hendri Septa melakukan edukasi pencegahan gigi berlubang serta juga melaksanakan teledentistry dengan dokter gigi secara gratis.

Dekan FKG Universitas Andalas Prof. drg. Nila Kasuma, M. Biomed mengatakan kesehatan rongga mulut sangat berbanding lurus dengan area mikrobiota bakteri dengan digestri karena mulut sebagai tempat pintu masuk pertama makanan.

“Jadi sesteril apapun makanan yang masuk, kalau rongga mulut microbiota tidak benar, komposisi tidak sesuai maka pencernaan akan terganggu,” ujarnya.

Disampaikannya, dari kedokteran gigi langkah yang dilakukan edukasi selama 90 tahun oleh PT. Unilever untuk kegiatan edukasi ke sekolah-sekolah sebanyak 30 juta siswa membantu kesehatan gigi Indonesia serta kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) selama 15 tahun sungguh membantu para dokter gigi dalam menyiapkan generasi emas.

“Pentingnya kolaborasi dengan berbagai pihak bahwa kesehatan gigi secara mekanik, cara menyikat gigi dengan benar dan waktu yang tepat akan memberbaiki kesehatan secara umum,” terangnya yang didampingi Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Universitas Andalas drg. Harfindo Nismal, Sp. BM.

Sementara itu, Head of Professional Marketing PC Unilever drg. Ratu Mirah mengungkapkan akakn selalu berusaha tidak hanya menjalankan bisnis tetapi juga berbuat sesuatu kepada masyarakat.

“Sudah 30 juta masyarakat yang sudah mendapatkan edukasi terutama anak sekolah,” sambungnya. Ia juga mengapresiasi kegiatan sikat gigi massal yang diikuti 125 ribu siswa yang dilakukan oleh FKG Universitas Andalas secara serentak di kota Padang.

Berharap semoga kegiatan ini bergulir tidak hanya berlangsung satu hari saja, tidak hanya kebiasaan menyikat gigi tetapi datang ke dokter gigi secara teratur, serta semakin banyak tenaga kesehatan gigi dan spesiaslis di kota Padang.

Senada dengan itu, Sekretaris Universitas Dr. Aidinil Zetra, MA mewakili Rektor Universitas Andalas menuturkan salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat adalah mengabaikan kebersihan gigi dan mulut dan hal ini didasari oleh kurangnya pengetahuan ataupun edukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut,” pungkasnya.(*)

Alamat Kampus

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77
Jati, Padang, Sumatera Barat
Kode Pos: 25129

Indonesia

 

 

Peta