Sambut Bulan Ramadan, FKG UNAND Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut Ribuan Santri

06 Februari 2024

FKG UNAND  - Menyambut bulan suci Ramadan 1445 H Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas mengadakan kegiatan Senyum Sehat Menyambut Ramadan dengan tema "Rongga Mulut Terjaga saat Bulan Ramadan" pada Senin (5/2) Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 77 Jati. 

Dihadiri oleh Gubernur, Rektor, Waka Majelis Wali Amanat, Ketua Dewan Profesor, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov, Wakil Rektor, Dekan, Dirut Rumah Sakit Universitas Andalas dan Dirut Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM), acara ini dibuka untuk melanjutkan rangkaian kegiatan yang telah dimulai sejak Jum'at, 3 Februari lalu.  

Kegiatan ini juga didukung oleh PT Unilever dengan tujuan untuk berkontribusi meningkatkan kesehatan, perbaikan kebersihan rongga mulut anak-anak santri dan pengurus dalam menyambut Ramadan.  

“Ini merupakan wujud dari Sustainable Development Goals (SDGs) bidang kesehatan dari PT Unilever,” ujar Ainul Yaqin Direktur Personal Care Unilever Indonesia. Disampaikannya, FKG Universitas Andalas merupakan salah satu dari lima (5) universitas yang terpilih sebagai penyelenggara "Senyum Sehat Santri Ramadhan" tahun 2024.   

Sementara itu, ketua pelaksana drg. Oryce Zahara, Sp. Ort mengatakan FKG Universitas Andalas merupakan pelaksana pertama di Indonesia tahun ini. “Adapun rangkaian kegiatan ini adalah yang pertama School Health Program (SHP), yakni program edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut kepada 1.085 santri dan pengurus santri pesantren Al-Falah,” ujarnya.  

Kemudian, program selanjutnya Free Dental Treatment (FDT) perawatan gigi gratis ke 500 santri dan pengurus santri yang akan dilaksanakan pada 5-6 Februari. “Adapun treatment yang dilakukan adalah pencabutan gigi sederhana, pembersihan karang gigi, dan penambalan gigi sederhana,” terang Oryce.  

Selain itu, dalam rangkaian kegiatan ini juga diadakan lomba nasional "Oral Prestasi" yang diikuti oleh seluruh FKG di Indonesia. 

Rektor  Dr. Efa Yonnedi, SE, Akt mengatakan Universitas Andalas siap untuk menjadikan FKG dan RSGM sebagai sentral utama pendidikan dan pelayanan kesehatan gigi di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera.  

Ia juga berharap, RSGM Universitas Andalas semakin bebas untuk terakses oleh masyarakat. 

“Tentu saja untuk hal ini, kita berharap dukungan dan arahan dari Gubernur, serta dukungan pihak swasta dan pihak terkait lainnya, agar visi dan misi FKG Universitas Andalas dapat terealisasi,” tuturnya. Rektor yakin kolaborasi menjadi hal sangat penting dalam merealisasikannya. 

Senada dengan itu, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi Ansharullah, mengapresiasi gelaran iven Senyum Sehat Ramadhan yang diadakan oleh FKG dan RSGM Universitas Andalas.  

“Terlebih, iven tersebut melibatkan para santri dan pengasuh pondok pesantren (Ponpes) sebagai peserta terapi dan edukasi kesehatan gigi dan mulut,” ujarnya. 

Disampaikannya, sesuai dengan hasil riset kesehatan dasar, masalah gigi dan mulut memang sangat penting, namun yang mengakses layanan ini masih cukup sedikit.  

Untuk Sumbar sendiri, dikatakannya perilaku sikat gigi setiap hari menyentuh angka 95,3 persen, sedangkan angka nasional 94 persen. “Edukasi tentang perilaku menyikat gigi yang benar ini sangat diperlukan.

Alamat Kampus

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77
Jati, Padang, Sumatera Barat
Kode Pos: 25129

Indonesia

 

 

Peta