Edukasi Dan Evaluasi Perpindahan Microbium Rongga Mulut Akibat Kissing

28 Oktober 2023

FKG UNAND -  Kesehatan gigi dan mulut masih menjadi salah satu masalah kesehatan yang perlu untuk diperhatikan Memberikan edukasi tentang kesehatan terutama kesehatan gigi dan mulut bagi anak remaja dapat menurunkan angka kejadian masalah gigi dan mulut.

Edukasi Dan Evaluasi Perpindahan Microbium Rongga Mulut Akibat Kissing dapat menambah pengetahuan siswa tentang bahaya jika kebersihan gigi dan mulut diabaikan karna akan berkembang bakteri jahat, yang akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut dikemudian hari seperti gigi berlubang. Karang gigi, gigi goyang, gusi berdarah, bau mulut dan Aplikas, kegiatan pengabdian ke masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan mengubah perilaku siswa sejak dini sehingga dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan topik rEdukasi Dan Evaluasi Perpindahan Microbium Rongga Mulut Akibat Kissing.

Tahun dilaksanakan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang secara luring Metode edukasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan ilmu pengetahuan anak tentang retensi mikroflora rongga mulut pada kondisi gigi berjejal.

Berdasarkan data evaluasi yang dilaksanakan rata-rata siswa sudah mengetahui apa itu gigi berjejal, plak, bakteri yang ada pada plak serta apa efek jika plak dibiarkan. Dengan adanya pengetahuan tambahan mengenai retensi mikroflora rongga mulut pada gigi berjejal diharapkan agar siswa-siswi SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta jika ada yang mempunyai kasus gigi berjejal agar segera melakukan perawatan ortodontis.

Kami berterima kasih kepada seluruh pihak sekolah terutama Kepala SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang Bapak Afrizal, S.Si, M.Pd dan seluruh tenaga pendidik yang telah bersedia menerima dan menyambut kami dengan baik. Diharapkan kerja sama ini dapat berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut generasi.

 

Alamat Kampus

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77
Jati, Padang, Sumatera Barat
Kode Pos: 25129

Indonesia

 

 

Peta