Kuliah Tamu Artificial Intelligent in Dentistry

17 July 2024

 

Padang (FKG) – Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas melaksanakan kegiatan kuliah tamu Artificial Intelligent in Dentistry dengan narasumber Prof. Cortino Sukotjo, DDS., Ph.D, MMSC., MHPE., pada 17 Juli 2024 via zoom meeting.

Kegiatan ini mengundang seluruh dosen, mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi serta alumni untuk berpartisipasi dalam rangka meningkatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang Artificial Intelligent in Dentistry. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai penelitian dan aplikasi AI di bidang kedokteran gigi telah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Mulai dari sistem diagnosis berbasis gambar radiografi, perencanaan perawatan yang dipersonalisasi, hingga pengembangan alat bantu yang cerdas untuk prosedur klinis. Penggunaan AI di bidang kedokteran gigi tidak hanya berpotensi meningkatkan akurasi dan efisiensi, tetapi juga dapat mengurangi risiko kesalahan manusia dan meningkatkan kualitas perawatan pasien.

Rangkaian kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Prof. Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed. Kuliah tamu ini menghadirkan Prof. Cortino Sukotjo, DDS., Ph.D, MMSC., MHPE., seorang ahli di bidang prosthodontics dari University of Illinois Chicago (UIC), Amerika Serikat. Beliau membagikan pengalaman dan pengetahuan terkini mengenai bagaimana AI dapat diterapkan dalam praktik kedokteran gigi sehari-hari. Diharapkan melalui kegiatan ini, para peserta dapat memahami konsep dasar AI, mengidentifikasi peluang penerapan AI dalam berbagai aspek kedokteran gigi, serta mengembangkan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang.

 
 

Alamat Kampus

Jalan Perintis Kemerdekaan No. 77
Jati, Padang, Sumatera Barat
Kode Pos: 25129

Indonesia

 

 

Peta