Super User

Super User

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
22 September 2017

KETENTUAN UMUM

I.        PESERTA

Peserta lomba karya tulis ilmiah dalam rangka LUSTRUM I 2017 adalah sebagai berikut :

1.      Peserta merupakan mahasiswa aktif Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas preklinik maupun klinik

20 September 2017

Fakultas Kedokteran Gigi Unand menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan Lustrum Fakultas Kedokteran Gigi Unand yang pertama. Kegiatan donor darah dilakukan di Ruang Sidang Fakultas Kedokteran Gigi Unand, Rabu 20 September 2017 bekerjasama dengan PMI Kota Padang. Seluruh civita akademika ikut serta dalam giatan donor darah ini.

31 Agustus 2017

Padang (31/8) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas melaksanakan yudisium mahasiswa Dokter Gigi periode III tahun 2017. Pada pelaksanaan yudisium ini di hadiri oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas Prof. Dr.Emriadi, MS, Wakil Dekan I drg. Hiadayati, MKM,  Wakil Dekan II drg. Kosno Supriyanto, MDSc, Sp. Perio dan Wakil Dekan II drg. Susi, MKM, staf dosen, Kabag dan Kasubag serta staf kependidikan.

29 Agustus 2017

2nd DSCE (Dentistry Scientific Creativity & Exhibition) adalah rangkaian kegiatan tahunan yang diadakan oleh HIMA Kedokteran Gigi YARSI.  DSCE tahun ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya juga pernah diadakan pada tahun 2016

DSCE terdiri dari 3 hari rangkaian kegiatan. hari pertama / 16 agustus 2017 diisi dengan diskusi publik tentang internship kedokteran gigi. Kegiatan DSCE pada hari kedua yaitu 18 agustus 2017 terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu presentasi dari finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah dan penilaian hasil karya poster infografik. Kegiatan hari ketiga yaitu tanggal 19 agustus 2017 terdiri dari seminar dan hands on dari dokter gigi ternama.

Seleksi Yang Diikuti

sasaran peserta adalah mahasiswa kedokteran gigi dari 33 universitas kedokteran gigi se indonesia.

Seleksi awal dimulai dengan Seleksi abstrak, deadline tanggal 25 juli 2017. Dhira mengambil  judul karya ilmiah : Manifestasi tuberculosis pada rongga mulut : peran dokter gigi dalam diagnosis dini dan kontrol infeksi, dengan pembimbing : drg Surya Nelis, Sp.PM. pemilihan judul dilatarbelakangi oleh penyakit infeksi TB sebagai satu dari sepuluh penyakit penyebab kematian terbanyak diseluruh dunia, bersifat menular, dan negara indonesia sebagai negara dengan jumlah kasus baru tertinggi kedua di dunia. Penyakit ini dapat bermanifestasi pada rongga mulut dengan gejala yang tidak khas sehingga seringkali terabaikan, serta praktik dokter gigi berpotensi sebagai tempat infeksi silang bakteri TB.

pengumuman peserta yang lolos seleksi tanggal 26 juli 2017. Peserta yang lolos terdiri dari mahasiswa KG dari berbagai institusi seperti universitas padjajaran, universitas indonesia, universitas hasanudin, universitas sriwijaya, universitas jember dan universitas andalas. Peserta yang lolos seleksi abstrak diinstruksikan untuk mengirimkan fullpaper dengan batas waktu tanggal 10 agustus 2017.

Hasil seleksi fullpaper diumumkan pada tanggal 11 agustus 2017. Peserta yang lolos seleksi diundang untuk presentasi pada 18 agustus 2017 di universitas yarsi jakarta. Peserta yang lolos terdiri dari 3 tim dari 3 universitas yang berbeda yaitu universitas indonesia, universitas sriwijaya dan universitas andalas. Universitas indonesia dan universitas sriwijaya mengirimkan 1 tim yang masing-masingnya terdiri dari dua orang. Universitas andalas diwakilkan oleh Dhira Pratiwi.

Pada tanggal 18 agustus, acara dimulai jam 9-10 untuk registrasi peserta di gedung perkuliahan universitas yarsi. Presentasi masing-masing tim dimulai pukul 10.00. urutan presentasi ditentukan berdasarkan hasil cabut lot ; unsri 1, unand 2, ui 3. Presentasi berlangsung diruangan tertutup yang hanya dilihat oleh 3 orang juri dan beberapa orang panitia. Tim yang tidak sedang tampil dibawa keruangan karantina. Semua tim diberikan waktu 15 menit untuk presentasi dan 15 menit untuk tanya jawab. Setelah semua tim selesai, diberikan waktu ishoma. Pengumuman pemenang dilakukan jam 13.30 dengan hasil

Juara 1 : Dea meigina kamal dan hendrik redhian dari universitas sriwijaya dengan judul stress oksidatif sebagai kunci utama penyebab gangguan sensitifitas rasa pada penderita DM tipe 2

Juara 2 : Claudia dan Julia Dharmawan dari universitas indonesia dengan judul calprotein (S1OOA8/A9) pada saliva sebagai biomaker kanker kolorektal.

Juara 3 : Dhira pratiwi dari universitas andalas dengan judul Manifestasi tuberculosis pada rongga mulut : peran dokter gigi dalam diagnosis dini dan kontrol infeksi

Lalu dilanjutkan dengan penyerahan hadiah berupa piala, sertifikat, uang tunai serta tiket seminar kedokteran gigi. acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan berkunjung ke mall untuk makan bersama.

Acara DSCE KG yarsi menarik dan LO untuk masing-masing pesera sangat ramah.

 

BIODATA

Nama              : Dhira Pratiwi

TTL                  : Sungai sarik 4 maret 95.

Agama             : Islam

Pengalaman kepanitiaan dan organisasi :

  • Ketua World Oral Health Day PSMKGI  se Indonesia 2016
  • Ketua FKG fair BEM KM FKG Unand 2015
  • Staf komisi C Pengabdian masyarakat Persatuan Senat Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) periode 2014-2016
  • Bendahara departemen fungsional BEM KM FKG Universitas Andalas 2014-2015
  • Bendahara departemen fungsional BEM KM FKG Universitas Andalas 2013-2014

 

Penghargaan :

  • Bendahara terbaik 3 BEM KM FKG Universitas Andalas 2014-2015
  • Staf terbaik komisi C Pengabdian masyarakat Persatuan Senat Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI)  setengah periode 2014-2016
  • Staf terbaik komisi C Pengabdian masyarakat Persatuan Senat Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) periode 2014-2016
 
 

Peta